Rabu, 30 Januari 2019

Ketika Seorang Gus Ketikung Cinta #21


Nila (ya alloh, mase iki dewasa banget).
Tong sheng : “Ya kalau di bilangin seperti itu, cewek itu malah minta putus tho mas basjuuuuusssss.”
Jalal : “Ha ha ha... Lha kok elok elok pila i lho.”
Nila : “Wong sampeyan ya ikut-ikut seperti dik Fira nuw mas Bagus mas Bagus. Hayo cepetan di jawab mas. Nila ya pengen tau jawabannya.”

Jalal (melirik ke arah Nila Nihayah) Aku sebenarnya ingin minta maaf sama kamu Nil soal kejadian di angkot. Tetapi aku bingung harus memulai dari mana. Apa aku bilang, eh mbak Nila, maaf ya kejadian di angkot. Aku gak sengaja pegang anunya mbak Nila. Arrrgggghhh... nanti malah runyam urusannya. Atau aku bilang, mbak Nila, maaf ya. Kejadian di angkot itu aku gak sengaja. Itu semua gara-gara sopir angkot yang ngerem mendadak. Itu salah sopirnya mbak, yang gak mau ngerem pelan-pelan. Astaghfirullohal 'adzim. Lha kok malah nyalahin orang tho... aarrgggggh mboh ah. Ya alloh, mau minta maaf kok bingung koyok ngene tho.

Nila : “Hayo, lha kok malah ngelamun. Entar kesambet lho.”
Tong sheng : “Sejak kapan ikut aliran kebathinan gus. Kok mbatin terus.”
Jalal : “Sing mbatin lho sopo sheng sheng. Iki mau lagi mikir aku. Ya Kalau ceweknya minta putus, ya putusin aja. Koyok gak onok babonan liyo wae.”
Tong sheng : “Khan tadi sudah saya bilang tho gus. Kadung sayang eg.”
Jalal : “Sayang ya sayang tetapi ya jangan ngawur tho sheng. Di pikir tenanan . Gini sheng... Terkadang kita harus meninggalkan sesuatu bukan karena kita benci. Juga bukan karena kita sudah tak cinta lagi. Tetapi, terkadang kita terpaksa meninggalkan sesuatu karena sesuatu itu tak pantas untuk di pertahankan.”
Tong sheng : “Ajiiiiib”
Jalal : “Aku curiga. Jangan-jangan ini kisahmu sendiri.”
Tong sheng : “Konco gus konco ku. Sumpah. Wani sugih aku.”
Jalal : “Sumpa kok wani sugih. Ha ha ha...”
Nila : “Mas Bagus kok dewasa ya. Gak kayak kamu Sheng.”
Tong sheng : “Hmmmm... kayak e ada yang lagi terpesona iki. Padahal ini belum seberapa lho.”
Nila (aku kok jadi penasaran. Sebenarnya Mas Bagus itu siapa? kok sangat di hormati sama Tong Sheng. Ada apa ini?)
Tong sheng : “Satu lagi gus, mumpung aku lagi ingat ini. Kamu sendiri khan tahu kalau aku habis bentrok sama Gus Faiz, teman sekamar ku.”
Jalal : “He em... ngerti aku. Kapan hari Dul Gembos juga cerita soal itu.”
Nila : “Ha ha ha... namanya lucu-lucu.”
Jalal : “Di maklumi saja Mbak Nila. Memang kalau di pondok, anak-anak punya julukan tersendiri. Bahkan nama julukane lebih terkenal ketimbang namanya sendiri. Yo mboh kok ngono. Mungkin ya mirip Abu Hurairoh, Abu Hurairoh itu khan nama julukan.”
Nila : “Kalau Mas Bagus, di pondok julukannya apa?”
Tong sheng : “Ha ha ha... nama julukaneeeee...”
Jalal : “Hayo ngomongo. Muleh mlaku lho ya.”
Tong sheng : “Ngene eg. Belum-belum udah di ultimatum.”
Nila (tersenyum).
Tong sheng : “Lha menurut mu aku salah nggak Gus?”
Jalal : “Kalau salah sih enggak. Cuma kurang baik saja cara mu. Gugah-gugah shubuh kok mbok uncali dampar. Yo kaget tho Sheng sheng.”
Tong sheng : “Yo niyatku khan mung guyon gus. Gak ngertio Gus Faiz nanggepine serius.”
Jalal : “Gus Faiz itu wataknya keras. Di larang malah ndadi, tetapi yo angel lak di konkon. Tetapi bocahe ora dendaman kok. Besok-besok kalau bangunin shubuh jangan seperti itu lagi Sheng.”
Tong seng : “Iyo ancene aku sing salah.”
Jalal : “Ya minta maaf sama Gus Faiz. Bilango ngene, ngapuntene sanget gus. Saestu kulo nyuwun pangapunten sanget dumateng panjenengan. Aku wedi kualat. Nanti, kalau Gus Faiznya tanya. Lho, kuwalat nopo kang? Jawaben, sanjange Jallek jenengan niku waliyulloh. Wes ora sholat shubuh ora opo-opo. Justru dengan begitu kewaliane jenengan ketingal. Khoriqul adah. kalau bisa nggak usah sholat shubuh seterusnya. Biar nggak pudar pamor kewaliane.”
Tong sheng : “Ha ha ha... Kalau Gus Faiznya gak terima.”
Jalal : “Suruh nyari saya nanti Sheng.”
Nila : “Memang kalau waliyulloh gak wajib sholat shubuh ya mas?”
Jalal (tepuk jidat) : “Hadeeeeeehhh.”
Tong sheng : “Mas basjus itu memang seperti itu Nil. Kalau ada teman-teman yang neko-neko atau gimana gitu, mau bilang edan atau gendheng itu gak tegaan. Paling-paling ya di bilang, wong kok jadzab tho kang kang.”

Ha ha ha... terdengar suara tawa Kang Ni'am mendengar cerita Gus Jalal.
Jalal : “Kenapa wonk?”
Ni'am : “Enak gus. Gendheng-gendengne wong, tetapi wonge ora mangkel.”
Jalal : “Lha dawuhe romo yai memang seperti itu kok. Kalau salah tetapi gak mau ngaku salah apalagi gak mau di bilang salah. Ya sama saja dengan wong gendeng.”
Ni'am : “Terus gimana gus kelanjutane? Pas panjenengan menyatakan cinta gimana caranya gus?”
Jalal : “Ya kelanjutane aku sering smsan sama telponan dengan Nila wonk. Itupun pakai HPnya Tong sheng Nokia 3310, di kareti pisan HP ne.”
Ni'am : “Kok di kareti gus?”
Jalal : “Paling anyang-anyangen HP ne.”
Ni'am : “Ha ha ha... di pondoknya Kyai Ahmad memang boleh bawa HP gus?”
Jalal : “Di ponpesnya Kyai Ahmad, gak boleh bawa HP wonk. Ketahuan bawa HP. Bisa di rampas HPnya, di takzir dan di beri surat peringatan wali santrinya.”
Ni'am : “Nah, ndableg jenengan gus.”
Jalal : “Khan aku gak bawa HP wonk. Aku khan cuma bawa sim card saja. Sedangkan Yang tak pakai khan HPnya Tong sheng.”
Ni'am : “Wes emboh-emboh Gus gus. Lanjut mawon cerita ne.”
Jalal : “Jadi waktu itu malam Jum'at, habis rotiban. Kira kira jam 21:30 an aku sms Nila gini, Dik Nay, mase boleh telpon nggak?”
Ni'am : “Bentar dulu tho gus, kok Nay itu lho?”
Jalal : “Khan namanya NiLa tho wonk. Nay itu panggilan untuk Ni. N & i di baca Nay. Duh cerewete diri mu wonk.”
Ni'am : “Ya aneh saja gus.”
Jalal : “Itu belum seberapa aneh Wonk. Yang paling aneh pas sudah resmi di terima sama Nila itu hubungan kami malah aneh.”
Ni'am : “Aneh?”
Jalal : “Gini Wonk. Dia khan pakai IM3 terus nomer ku juga pakai IM3. Jadi, nomernya Nila tak daftarin ce es an wonk. Biar irit kalau telpon. Cuman, kalau mau telpon syaratnya masya Alloh.” (menghela nafas panjang sama geleng-geleng kepala).”
Ni'am : “Kok kelihatannya berat tenan tho gus syaratnya.”
Jalal : “Iya Wonk. Jadi pas aku SMS Nila, boleh telpon nggak Dik Nay?”
(Nila) : “Boleh, tetapi ada syaratnya.”
Jalal : “Apa syaratnya dik?”
(Nila) : “Nanti kalau telpon sudah saya angkat. Mase nggak boleh ngomong apa-apa dulu sama adik. Mase HARUS baca Al qur'an dulu 3 lembar Al qur'an. Kalau tidak, telponnya akan adik matikan.”
Ni'am : “Apa gussss?” (agak mendelik serasa tak percaya)
jalal : “Iya wonk, 3 lembar khan sama saja 1/3 juz.”
Ni'am (geleng2 kepala ) lumayan gus . 10 menitan iku .
Jalal : “Yaaa gitu wonk. Bahkan aku sampai beli mushaf kecil yang muat di saku jaket. Jadi nanti kalau pas kangen sama Nila. Telpon di belakang pondok di bawahnya rumpun bambu/barongan pring, mushafnya bisa tak bawa tanpa sepengetahuan yang lain. Owalah Wonk wonk... kadang kalau aku ingat-ingat kudu guyu dewe. Kok yo iso kedanan koyok ngono iku lho.”
Ni'am : “Lakone urip gus. Terus tadi katanya mau ceita masalah pas jenengan nembak Nila.”
Jalal : “Waktu itu, aku habis ikut rutinan rotiban aku telpon Nila wonk, assalammu'alaikum.
Nila = wa'alaikum salam warohmatulloh.”
Jalal : “Aku ganggu tidak Nay?”
Nila : “Mboten kok mas. Ini Nila juga habis pulang dari diba'an.”
Jalal : “Nay, sebelumnya aku minta maaf. Tetapi aku harus jujur sama hati aku Nay. Akuuuuu...” (terdiam sejenak).
Nila : “Aku apa mas?”
Jalal : “Akuuuuu...”
Nila : “Aku tak sholat isya' dulu ya mas. Gak apa-apa khan nunggu sebentar.”
Jalal : “Iya Nay, gak apa apa.”
Nila : Assalammu'alaikum.
Jalal : “Alaikumussalam warohmah.”
Setelah kira-kira 15 menitan. Tiba-tiba ada SMS masuk di HPnya Gus Jalal . “Mas Bagus, tadi mau ngomong apa?”
Jalal (lalu menelepon Nila Nihayah) : ”Assalammu'alaikum Nila.”
Nila : Wa'alaikum salam.”
Jalal : “Sampun sholat isya' e?”
Nila : “ Alhamdulillah sampun mas. Ini juga masih pakai mukena. Hmmmm... tadi mau ngomong apa mas?”
Jalal : “Aku mau bilang Nay. Kalau aku... aku... aku cinta pada mu Nay.”
Nila : “Ha ha ha... ojo guyon mas.”
Jalal : “Guyon? Guyon gimana?”
Nila : “Iya kok nggak ngerayu-rayu dulu, gombal-gombalin dulu atau gimana gitu. Kok tiba tiba langsung nembak Nila.”
Jalal : “Ya alloh Nay. Beneran ini Nay. Tetapi maaf, aku memang bukan orang yang romantis, mungkin aku gak pantas buwat kamu Nila.”
Nila : “Mas, Nila sudah gak mau pacaran lagi mas. Nila maunya besok-besok langsung nikah. Nila gak mau sakit hati terus.”
Jalal : “Iya Nay. Aku serius kok. Apa perlu bulan depan aku tak bilang sama orang tua ku buwat nglamar kamu Nay?”
Nila : “Berati mas mau nikahin Nila?”
Jalal : “Iya mau. Tetapi jangan sekarang... aku masih mondok. Masih sekolah. Nikahnya nanti kalau aku sudah lulus yach?”
Nila : “Ya kalau begitu. Cintanya di terima kalau aku sudah lulus saja mas.”
Jalal (apa ini isyaroh penolakan mu Nay).
Nila : “Maaas... Mas Bagus... kok diem.”
Jalal : “Eh enggak Nay. Gak apa-apa kok. Ini tadi tiba-tiba keingetan, kalau kitab ku belum di kembalikan sama Tong sheng.” (matanya mulai berkaca-kaca)
Nila : “Mas kecewa ya?”
Jalal : “Enggak kok Nay. Mas bisa memakluminya. Sudah dulu ya Nay . Mas ngantuk ini.”
(mulai mengalir sesuatu yang bening dari kedua kelopak matanya).
Hiks hiks hiks hiks... terdengar suara isak tangis Nila Nihayah.
Jalal : “Lho kok malah nangis?”
Nila : “Nila sebenarnya sayang sama Mas Bagus . Cinta sama Mas Bagus . Cuma Nila takut... ketika Nila sudah terlanjur sayang banget. Tiba-tiba mas bagus ninggalin Nila.”
Jalal : “Insya Alloh tidak kok Nay.”
Nila : “Apa Mas Bagus mau berjanji sama Nila?”
Jalal (menghela nafas panjang) : “Tidak Nay. Aku tidak bisa menjajikan apapun untuk kamu Nay.”
Nila : “Kenapa mas?”
Jalal : “Karena dari kecil aku tidak pernah berjanji Nay. Mas mohon, jangan memaksa ku untuk itu.”
Nila : “Nila cuma minta. Mas Bagus mau berjanji akan selalu ada buat Nila. Akan selalu membimbing Nila ke arah yang lebih baik. Akan selalu setia sama Nila. Dan Mas Bagus selalu sayang dan cinta terus sama Nila.”
Jalal : “Tidak Nay... tidak selalu... Aku sekedar manusia.”
Nila : “Memangnya kalau mas manusia kenapa?”
Jalal : “Nay... aku tidak bisa menjajikan diri mu istana yang megah.
Tetapi aku akan berusaha. Supaya diri mu dan calon anak-anak kita kelak.
Tidak kepanasan dan tidak kehujanan.
Aku tidak bisa menjajikan mu kelimpahan harta benda.
Tetapi, aku akan berusaha agar diri mu dan calon anak-anak kita,
tidak kelaparan dan bisa hidup layak.
Aku juga tidak bisa menjanjikan mu tentang kasih sayang, tentang kesetiaan, bahkan tentang cinta.
Tetapi, aku akan berusaha membahagiakan mu.
Sampai memutih rambut ku.
Sampai kita menua bersama.
Bahkan sampai mata ku terpejam dan tak akan pernah terbuka.”
Nila (matanya semakin sembab. Deraian air matanya semakin deras dan dadanya mulai sesak)
Jalal : “nay... aku juga akan mengajak arakan awan yang bejajar menghias langit.
Untuk jatuh cinta kepada mu.
Aku juga akan mengajak dedaunan, burung burung bahkan bebatuan.
Untuk jatuh cinta kepada mu.
Aku juga akan mengajak syurga Nay.
Mengajak syurga untuk selalu merindukan mu.
Bahkan aku akan mengajak TUHAN ku.
Sang kholiqul alam dan muhammadun habibulloh.
Untuk jatuh cinta kepada mu.
Derai tangisan Nila Nihayah sudah tak kuasa dia bendung. Perlahan lahan dia letakkan HPnya yang masih tersambung. Nila pun bersujud di atas sajadahnya. Dia luapkan tangisannya yang dia tahan selama ini. Lalu, diapun bangkit dari sujudnya. Dan mengangkat kedua tangannya seraya berkata
Ya ilahi robbi...
Orang macam apa dirinya Ya robbi.
Belum pernah aku baca.
Surat cinta seindah kata katanya.
Belum pernah aku temui.
Seorang laki-laki seperti dirinya.
Dia sangat menghormati ku sebagai perempuan.
Dia tak merayuku dengan seribu gombalan kata-kata.
Dia sederhana, bahkan terlampau sederhana.
Dia mencintai ku dengan sempurna.
Tetapi tidak berlebihan.
Aku malu... aku malu ya robbi.
Adakah kepantasan ku bersanding dengannya.
Ya ilahi robbi.
Cerita cinta macam apa yg sedang ENGKAU ciptakan.
ENGKAU kirimkan kesatria tak berkuda.
Seorang raja tanpa mahkota.
Dia menggedor pintu hati ku ya robbi.
Dan dia datang tak sendirian.
Tetapi, dia datang bersama-Mu.
Bersama Muhammad rosul-Mu.
Dan sekarang ini.
Terlambat bagi ku untuk mundur.
Apalagi berpaling ke lain hati.
ﻳﺎ ﺣﻲ ﻳﺎ ﻗﻴﻮﻡ ﺑﺮﺣﻤﺘﻚ ﺍﺳﺘﻐﻴﺚ ﻓﺎﺻﻠﺢ ﻟﻲ ﺷﺎ ﻧﻲ ﻛﻠﻪ ﻭﻻﺗﻜﻠﻨﻲ ﺍﻟﻰ ﻧﻔﺲ ﻃﺮﻓﺔﻋﻴﻨﻲ .
ﺍ ﻣﻴﻦ
#Bersambung...

Oleh : Ma'arif Wibowo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi-kisi USBN Matematika SD 2019

KISI – KISI USBN SD TAHUN 2019 PROVINSI JAWA TIMUR (SPESIFIKASI) MAPEL : MATEMATIKA NO. SOAL LINGKUP MATERI ...