Senin, 27 November 2017

Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat


Menyelesaikan Masalah Penalaran yang Melibatkan Operasi Hitung Bilangan Bulat


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
1)   Ibu membuat semangkok es krim. Suhu adonan es krim mula-mula adalah 22C. Es krim lalu dimasukkan ke dalam lemari es sehingga suhunya turun 27C. Ketika dihidangkan, suhu es krim naik sebesar 13C. Suhu es krim pada saat dihidangkan adalah ....

2)      Sebuah pesawat terbang berada pada ketinggian 1.250 meter dari permukaan laut. Sedangkan kapal selam berada pada kedalaman 175 meter dari permukaan laut. Jarak antara pesawat terbang dan kapal selam adalah ... meter.

3)      Sepotong daging berada di dalam ruangan pendingin yang bersuhu  –12C. Daging kemudian dibiarkan diluar ruangan hingga suhunya naik 3C setiap 2 menit. Suhu daging setelah 24 menit adalah ....

4)      Suhu di suatu kota pada pukul 06.00 adalah  -2°C. Saat hari semakin siang, suhu naik 2°C setiap 2 jam sampai pukul 12.00. Kemudian semakin  malam, suhu menurun lagi 3°C setiap jam. Suhu di kota itu pada pukul 20.00 adalah ... °C.

5)      Seekor katak melompat ke kanan sejauh 8 lompatan dari tempat semula. Kemudian katak itu berbalik arah dan melompat sejauh 13 lompatan. Jika setiap lompatan katak panjangnya  6 cm, posisi katak sekarang dari tempat semula adalah ... cm.



                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi-kisi USBN Matematika SD 2019

KISI – KISI USBN SD TAHUN 2019 PROVINSI JAWA TIMUR (SPESIFIKASI) MAPEL : MATEMATIKA NO. SOAL LINGKUP MATERI ...