Senin, 22 Januari 2018

Soal Pecahan



Indikator :
Menyelesaikan Masalah Penalaran yang Melibatkan Operasi Hitung Bilangan Pecahan

1)     Di sebuah gudang terdapat 24 ton beras. Beras tersebut akan diangkut ke beberapa koperasi. Jika tiga truk dapat mengangkut 3,6 ton beras, maka banyaknya truk yang diperlukan agar semua beras terangkut semua adalah ... truk.

2)   Nenek membeli 5 kantong tepung terigu yang masing-masing beratnya  kg. Sebanyak 2,4 kg akan digunakan untuk membuat kue donat dan  kg akan digunakan untuk membuat kue pukis. Banyak tepung terigu milik nenek yang belum terpakai sebanyak ... kg.
  
3)    Kakek mempunyai sebatang bambu yang panjangnya 6,5 m. Bambu itu dipotong  m untuk tongkat HW. Kemudian ia potong lagi untuk tiang bendera. Jika kini sisa batang bambu kakek tinggal  m, maka panjang tiang bendera yang dibuat kakek adalah ... meter.


4)  Bibi Hindun memiliki empat pohon belimbing. Setiap pohon rat-rata menghasilkan 1,8 kuintal. Sebanyak 25% dari hasil panen diberikan kepada kerabat dan tetangganya. Selebihnya dijual kepada lima pedagang sama banyak. Setiap pedagang rata-rata membeli belimbing dari Bibi Hindun sebanyak ... kuintal.

5)  Bu Hanif mempunyai kain sepanjang 0,8 meter. Kain tersebut digunakan untuk hiasan kemeja sepanjang 40%. Sisa kain dipotong-potong menjadi beberapa potongan sama panjang. Jika panjang satu potongan kain   meter, maka banyaknya potongan kain adalah ... potong.

      
 
Indikator :
Meyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Berbagai Bentuk Pecahan
1)      Seorang ayah membagikan hartanya kepada ketiga anaknya. Habib memperoleh 45%, Nilam memperoleh   bagian dan sisanya diberikan kepada Zani semuanya. Pernyataan berikut benar, kecuali ….
A.     Habib mendapat bagian paling banyak
B.     Bagian Zani lebih banyak daripada Nilam
C.     Nilam mendapat bagian paling sedikit
D.     Habib dan Zani mendapat bagian sama banyak

2)  Adik memiliki sekantong kelereng yang terdiri dari tiga warna. Sebanyak 22,5% bagian kelerengnya berwarna merah,  bagian berwarna biru dan sisanya berwarna hijau. Pernyataan berikut yang benar adalah ....
A.     Kelereng yang banyak berwarna merah
B.     Kelereng yang sedikit berwarna biru
C.     Kelereng hijau lebih banyak daripada kelereng merah
D.     Kelereng hijau dan biru sama banyak  

3)    Rofiq memiliki kegemaran mengumpulkan bacaan berupa buku cerpen, buku komik, majalah dan koran di perpustakaan pribadinya. Sebanyak 0,32 bagian dari buku tersebut adalah buku cerpen,  bagian adalah buku komik, 7% bagian adalah majalah dan sisanya adalah koran. Banyaknya koran adalah ... bagian.

4)    Sebuah rumah selesai dibangun selama tiga bulan. Bulan pertama diselesaikan  bagian, bulan kedua diselesaikan  bagian, dan sisa pembangunan diselesaikan pada bulan ketiga. Pada bulan ketiga pembangunan rumah diselesaikan sebanyak ... bagian.

5)    Taufik mendapat tugas mengecat dinding  bagian. Indra mendapat tugas  bagian. Tugas yang telah mereka selesaikan baru  bagian. Maka bagian yang belum dikerjakan adalah … bagian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kisi-kisi USBN Matematika SD 2019

KISI – KISI USBN SD TAHUN 2019 PROVINSI JAWA TIMUR (SPESIFIKASI) MAPEL : MATEMATIKA NO. SOAL LINGKUP MATERI ...